Rangkuman Belajar Maintenance Hardware 1

Assalamualaikum Wr. Wb ok selamat malam kali seperti biasa di malam yang sunyi ini saya ingin berbagi pengalaman saya selama saya berada di jember dan kuliah di pikmicleds jember, kali saya akan menceritakan pengalaman saya tentang belajar maintenance hardware. Kita belajar maintenance sudah 3 kali pertemuan nah kali ini saya akan membahas yang pertemuan pertama dulu di pertemuan pertama kita belajar Bab 1 yaitu tentang Komponen Utama Penyusun Komputer, di Bab ini ada beberapa bagian komponen yaitu :
1. SISTEM KOMPUTER DASAR 
2. UNIT PROSES
3. UNIT PENGINGAT/PENYIMPANAN (STORAGE)
4. UNIT INPUT/OUTPUT (O/I)
5. UNIT POWER SUPPLY (CATU DAYA)
Di lima komponen di atas masing-masing mempunyai bagian-bagian yaitu :
1. SISTEM KOMPUTER DASAR 
Komputer atau popular dengan sebutan PC (Personal Computer) yang bekerja dengan siklus kerja yang sederhana, yaitu data yang di olah dimasukkan (input) ke dalam komputer, kemudian diolah (proses) oleh Unit Pengolah Pusat atau CPU (Central Proscesor Unit) dan dikeluarkan (output) sebagia hasil pengolah data. 

pertama kali data dimasukkan melalui peralatan input (misalnya keyboard). Data berupa deretan pulsa listrik yang mempresentasikan kode-kode karakter (huruf, angka dan simbol) dikirim ke CPU melalui rangkaian perantara (interface).

2. UNIT PROSES
Unit proses ini terbagi menjadi tiga bagian antara lain yaitu : 
a. Matherboard 
Matherboard merupakan papan sirkuit yang terbuat dari bahan plastik/fiber berlapis jalur tembaga yang mengandung banyak chip-chip dan komponen elektronika lainnya dengan susunan yang sangat rumit. Pada setiap jenis matherboard terdapat slot ekspansi sebagai tempat menancapanya card-card perantara untuk hubungan luar. Pada slot inilah terdapat jalur data  (bus) yang menjadi jalan tol untuk berkomunikasi dengan peralatan lainnya.
Matherboard sendiri terbagi menjadi dua antara lain yaitu : 
- Slot ekspansi 
Slot ekspansi merupakan bentuk lain dari bus, dibentuk dari konektor-konektor panjang pipih yang berisi deretan kotak yang disebut pin. Dipakai untuk menempatkan kartu-kartu pengendali agar komputer dapat berhubungan dengan peralatan luar atau perangakat input/output seperti mouse, printer, dan lain sebagainya.
- Chip Bios 
Chip Bios adalah kumpulan dari beberapa chip memori ROM (Read Only Memory), BIOS juga disebut ROM-BIOS atau CMOS. Setiap set chip BIOS mengandung serangkaian intruksi pengontrol peralatan input/output dan konfigurasi peralatan yang terpasang pada komputer. 

b. Microprocessor (processor dan co-processor) 
merupakan jantung dari unit PC, karena semua proses perhitungan dan logika lainnya terpusat di sini. Terdapat sebagai jenis dan generasi processor, berkembang terus sejalan dengan kemajuan zaman. Ketika IBM PC pertama kali dikenalkan, kecepatan clock, kapasits memori dan penyimpanan masih sangat terbatas. Keadaan ini berubah saat munculnya IBM XT, (komputer yang sudah menggunakan hard disk) . Lalu muncul PC sejenis yang merupakan tiruan atau clone dari IBM XT, selanjutnya populer dengan nama IBM-Compatible. PC jenis ini yang sampai sekarang banyak kita gunakan.

c. Interface Card (kartu perantara/pengedali) 
merupakan papan/modul elektronik tambahan untuk fungsi tertentu yang dipasangkan pada slot ekspansi, tetapi ada juga yang sudah menyatu pada metherboard. Umumnya komputer standar hanya memiliki dua card saja, yaitu I/O card dan video card. Card-card yang lain tidak harus ada pada komputer karena hanya merupakan media tambahan saja sesuai kebutuhan.
Interfaci Card ini juga terbagi menjadi dua antara lain yaitu :
- Input/Output Card
berfungsi untuk menguhubungkan beberpa peralatan input/output sehinggah dapat berhubungan dengan matherboard. peralatan yang dapat di hubungkan dengan I/O card antara lain : disk drive (floppy/hard disk), mouse, joystik, printer, scanner, modem, dll. beberapa komputer jenis baru mempunyai interface I/O yang letaknya terintegrasi (onboard) pada matherboard singgah tidak diganti lagi.
- Video Card
berfungsi menyimpan informasi atau data yang mengatur tampilan monitor. Komputer ini berpengaruh pada kemampuan komputer dalam mengolah aplikasi grafik, misalnya pada kecepatan penampilan animasi grafik, jumlah warna yang bisa ditampilkan dan resolusi gambar yang dihasilkan. Beberapa jenis video card :
> CGA (Color Graphic Adapter); hanya dapat menampilkan satu macam kombinasi warna maksimal 16 warna).
> EGA (Enhanced Graphic Adapter); dapat menampilkan 16 macam kombinasi warna (maksimal 64 warna).
> VGA (Video Graphic Array); dapat menampikan banyak warna (maksimal 16 juta warna). Jumlah warna ditampilkantergantung dari besarnya memory VGA. 
> SVGA (Super VGA); kemampuan penampilan banyak warna dan resolusi tinggi.

3 UNIT PENGINGAT/PENYIMPANAN (STORAGE) 
funsi utama dari unit ini adalah sebagai madia pengingat sekaligus penyimpanan data hasil proses pengolaha, Menurut jenisnya terdapat dua macam media storage, pertama media penyimpanan permanen dalam hal ini diwakili oleh sistem disk (floppy maupun hard disk). 

4. UNIT INPUT/OUTPUT (O/I) 
Unit Input/Output ini juga terbagi menjadi 4 bagian antara lain yaitu :
a. Port Input/Output
Istilah port biasa diartikan sebagai sebuah karakter atau pintu khusus untuk saluran data. Port O/I merupakan jalur khusus pada sistem komputer yang digunakan untuk memasukkan informasi dan membawa informasi keluar dari komputer. peralatan yang berhubungan dengan dengan port I/O disebut peripheral atau peralatan I/O. cara peralatan I/O berhubungan dengan komputer bisa melalui hubungan langsung kepada matherboard atau melalui perantaraan (interfacing) card atau kartu khusus.

b. Keyboard dan Mouse 
Keduanya merupakan peralatan input pada komputer. keyboard lebih banyak digunakan untuk mengetik atau memasukkan data karakter, angka dan simbol, sedangkan mouse digunakan untuk alat penunjuk (poiter).
keyboard berbentuk papan ketik yang berguna untuk media masukkan data, memberi perintah (cammand) melalui intruksi yang kita ketikkan. Secara umum jumlah tombol keybord banyak bekerja berjumlah 101/102 key. mouse sangat berguna juka kita bekerja menggunakan mode grafik.
http://lukmanvivo.blogspot.co.id/search/label/tutorial

c. Monitor
Merupakan peralatan output, berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi pemakai komputer dalam memonitor pekerjaannya di layar tampilan. Secara teknis, kontruksi sebuah monitor mirip dengan televisi. Monitor generasi pertama yang dipakai dalam IBM PC adalah monitor monokrom (satu warna), biasanya warna tulisan putih, hijau atau coklat dengan latar belakang hitam. Kemampuannya hanya menampilkan data berupa karakter (bukan tampilan citra grafis atau gambar) atau mode teks maksimun 25 baris dengan 40 karakter setiap baris.

d. printer
merupakan peralatan yang digunakan untuk mencetak hasil proses dari komputer pada kertas media lain. Peralatan ini dipasang dan dihubungkan dengan interface I/O (biasanya port parale/LPT-I)
Printer ini mempunyai 3 macam bentuk
a. Printer ink-jet
printer ini membuat hasil cetakan melalui penyemprotan tinta, keunggulan dari printer ini adalah hasil yang lebih baik dan harganya relatif murah, bahkan mampu mencetak warna.

http://lukmanvivo.blogspot.co.id/search/label/tutorial

b. Printer Laser-jet
printer ini memiliki kualitas cetak yang sangat halus, cepat dan rapi, tetapi harganya cukup mahal.

http://lukmanvivo.blogspot.co.id/search/label/tutorial

c. Printer Dot Matric
printer ini membentuk suatu karakter atau grafis berdasarkan garis-garis yang dibentuk oleh deretan titik (dot). Ciri khasnya adalah suara mekaniknya yang keras dan kemampuannya mencetak rangkap dalam karbon.

http://lukmanvivo.blogspot.co.id/search/label/tutorial


5. UNIT POWER SUPPLY (CATU DAYA)
Unit ini adalah bertugas untuk mensupply seluruh kebutuhan daya listrik yang dipakai komponen-komponen di dalam komputer. Prinsip kerjanya mengubah aliran listriknya bolak-balik (AC) menjadi searah (DC) dengan tingkat tengangan yang tepat dan stabil, memasok aliran listrik DC ke seluruh rangakian penyusun sistem komputer. 

Itulah rangkuman saya tentang maintenance hardware pertemuan pertama. sekian dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkuman Belajar Maintenance Hardware 1"

Posting Komentar